RPP PJJ / Daring kelas 8 smtr 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

 




         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

Sekolah                 : SMP N 1 Bojong

Mata Pelajaran     : IPS

Kelas/Semester    : VIII / 1

KD               : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke : 1

Materi

:

Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                 

Text Box: •	Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
•	Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
•	Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
•	Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
•	Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
•	Memahami konsep sumber daya alam
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
•	Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
•	Memahami konsep Sumber Daya Manusia
•	Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
•	Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
•	Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
•	Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
•	Membuat peta negara ASEAN
•	Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
•	Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
•	Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN


 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                           

 

 

MEDIA

·      Whattsapp, Google classroom, Blogger,Telegram, zoom, google form dll

·     Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·     Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·      Buku guru dan siswa

·     Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·      Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Blogger, Telegram atau media daring lainnya)

·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·      Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group,Blogger, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN. (Literasi)

·      Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN. (HOTS)

·      Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN.(Collecting information and Problem solving)

·      Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Letak, luas dan iklim Negara-negara ASEAN, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal- hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·     Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                    

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,.......................................................................................... Bojong,            Juli  2021

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

Ipung Sunaryo, S.Pd.,M.Pd                                                                                                      Endang Lestari, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                 : SMP N 1 Bojong

Mata Pelajaran     : IPS

Kelas/Semester    : VIII / 1

Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

KD               : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke : 2

Materi

:

Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                 

Text Box: •	Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
•	Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
•	Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
•	Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
•	Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
•	Memahami konsep sumber daya alam
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
•	Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
•	Memahami konsep Sumber Daya Manusia
•	Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
•	Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
•	Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
•	Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
•	Membuat peta negara ASEAN
•	Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
•	Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
•	Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                           

 

 

MEDIA

·      Whattsapp, Google classroom, Telegram, Blogger, zoom, google form dll

·     Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·     Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·      Buku guru dan siswa

·     Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·      Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Blogger, Telegram atau media daring lainnya)

·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·      Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN. (Literasi)

·      Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN. (HOTS)

·      Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN.(Collecting information and Problem solving)

·      Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kondisi geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·     Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                    

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,........................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


 

                                                                   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                 : SMP

Mata Pelajaran     : IPS

Kelas/Semester    : VIII / 1

Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

KD               : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke : 3

Materi

:

Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                               

Text Box: •	Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
•	Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
•	Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
•	Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
•	Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
•	Memahami konsep sumber daya alam
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
•	Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
•	Memahami konsep Sumber Daya Manusia
•	Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
•	Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
•	Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
•	Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
•	Membuat peta negara ASEAN
•	Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
•	Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
•	Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                           

 

 

MEDIA

·      Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·     Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·     Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·      Buku guru dan siswa

·     Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·      Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·      Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN.  (Literasi)

·      Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN. (HOTS)

·      Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN.(Collecting information and Problem solving)

·      Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·     Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                    

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,........................................................................................................................ 2020

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                 : SMP

Mata Pelajaran     : IPS

Kelas/Semester    : VIII / 1

Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

KD               : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke : 4

Materi

:

Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                               

Text Box: •	Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
•	Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
•	Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
•	Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
•	Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
•	Memahami konsep sumber daya alam
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
•	Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
•	Memahami konsep Sumber Daya Manusia
•	Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
•	Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
•	Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
•	Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
•	Membuat peta negara ASEAN
•	Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
•	Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
•	Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                           

 

 

MEDIA

·      Whattsapp, Google classroom, Telegram, zoom, google form dll

·     Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·     Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·      Buku guru dan siswa

·     Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·      Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya)

·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·      Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Flora dan pauna di negara-negara ASEAN. (Literasi)

·      Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Flora dan pauna di negara-negara ASEAN. (HOTS)

·      Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Flora dan pauna di negara-negara ASEAN.(Collecting information and Problem solving)

·      Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Flora dan pauna di negara-negara ASEAN, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·     Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                    

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.

Mengetahui,........................................................................................................................ 2021

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                 : SMP N 1 Bojong

Mata Pelajaran     : IPS

Kelas/Semester    : VIII / 1

Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

KD               : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke : 5

Materi

:

Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                               

Text Box: •	Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
•	Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
•	Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
•	Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
•	Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
•	Memahami konsep sumber daya alam
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
•	Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
•	Memahami konsep Sumber Daya Manusia
•	Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
•	Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
•	Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
•	Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
•	Membuat peta negara ASEAN
•	Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
•	Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
•	Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN

 B, KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                           

 

 

MEDIA

·      Whattsapp, Google classroom, Telegram, Blogger, zoom, google form dll

·     Slide presentasi (ppt)

 

ALAT

·     Laptop, Handphone, tablet dan lain lain

 

SUMBER

·      Buku guru dan siswa

·     Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan

 

PENDAHULUAN

·      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious)

·      Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Blogger, Telegram atau media daring lainnya)

·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI

·      Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait materi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut). (Literasi)

·      Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut). (HOTS)

·      Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut).(Collecting information and Problem solving)

·      Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication)

·      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut), Peserta didik kemudian diberi  kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity)

PENUTUP

·     Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

 C, PENILAIAN (ASESMEN)                                                                                                    

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.


 

Mengetahui,........................................................................................................................ 2021

Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

 (Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah                 : SMP

Mata Pelajaran     : IPS

Kelas/Semester    : VIII / 1

Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

KD               : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke : 6

Materi

:

Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN

 

 A, TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                                               

Text Box: •	Menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam Negara ASEAN
•	Memahami letak dan luas negara-negara ASEAN
•	Memahami kondisi iklim dan geologis negara-negara ASEAN
•	Memahami rupa bumi, tata asir dan kondisi tanah negara-negara ASEAN
•	Memahami flora dan fauna negara-negara ASEAN
•	Memahami konsep sumber daya alam
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitar
•	Menyebutkan berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN
•	Menjelaskan penyebaran sumber daya alam di darat dan di laut
•	Memahami konsep Sumber Daya Manusia
•	Menjelaskan jumlah, sebaran, dan komposisi sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan pertumbuhan sumber daya manusia di Indonesia dan ASEAN
•	Menjelaskan konsep kualitas sumber daya manusia (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
•	Memahami berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara di ASEAN
•	Menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang di ASEAN;
•	Menjelaskan distribusi potensi wilayah Negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari perdagangan antar negara-negara ASEAN
•	Memahami dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk di ASEAN
•	Membuat peta negara ASEAN
•	Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Negara-negara ASEAN
•	Menyusun galery gambar berbagai etnik yang ada di Indonesia dan negara-negara ASEAN
•	Membuat karya tulis mengenai salah satu bentuk interaksi antarruang di ASEAN

Comments

Popular posts from this blog

Media pembuatan peta timbul

Materi Perkenalan/Pemula Pramuka Penggalang Tingkat SMP

Materi IPS Manusia dan Kebutuhannya dalam Kegiatan Ekonomi