RPP PJJ / Daring kelas 8 smtr 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP N 1 Bojong Mata Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII /
1 |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia &
negara-negara ASEAN |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google
classroom, Blogger,Telegram, zoom,
google form dll ·
Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Blogger, Telegram atau media daring
lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN INTI |
· Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan (melalui
Whattsapp group,Blogger, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait
materi Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN. (Literasi) · Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
hal yang belum dipahami, dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan
dengan materi Letak, luas
dan iklim Negara-negara ASEAN. (HOTS) · Peserta didik diberi
kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Letak, luas dan iklim
Negara-negara ASEAN.(Collecting
information and Problem solving) · Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) · Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Letak,
luas dan iklim Negara-negara ASEAN, Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan
kembali hal- hal yang belum
dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C,
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,.......................................................................................... Bojong, Juli 2021
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Ipung Sunaryo, S.Pd.,M.Pd Endang Lestari, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran
Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP N 1 Bojong Mata Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII /
1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 2 |
||
Materi |
: |
Perubahan keruangan & interaksi
antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN |
||
A, TUJUAN PEMBELAJARAN
B,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google
classroom, Telegram, Blogger, zoom, google form dll ·
Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Blogger, Telegram
atau media daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN INTI |
· Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google
Classroom, Telegram atau media daring
lainnya) terkait materi Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN. (Literasi) · Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang
belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Kondisi
geologis dan rupa bumi Negara-negara ASEAN. (HOTS) · Peserta didik diberi
kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN.(Collecting
information and Problem solving) · Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) · Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Kondisi geologis dan rupa bumi
Negara-negara ASEAN, Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C,
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,........................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran
Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII /
1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 3 |
||
Materi |
: |
Perubahan keruangan & interaksi
antarruang di Indonesia & negara-negara ASEAN |
||
A,
TUJUAN PEMBELAJARAN
B,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google classroom,
Telegram, zoom, google form dll · Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
· Laptop, Handphone, tablet
dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram
atau media daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN INTI |
· Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait
materi Tata air dan tanah
Negara-negara ASEAN. (Literasi) · Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang
belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Tata
air dan tanah Negara-negara ASEAN. (HOTS) · Peserta didik diberi
kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai
Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN.(Collecting
information and Problem solving) · Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) · Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Tata air dan tanah Negara-negara ASEAN, Peserta
didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C,
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,........................................................................................................................ 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran
Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII /
1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 4 |
||
Materi |
: |
Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia &
negara-negara ASEAN |
||
A,
TUJUAN PEMBELAJARAN
B,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google
classroom, Telegram, zoom, google form dll ·
Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram
atau media daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN INTI |
· Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan (melalui Whattsapp
group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media daring lainnya) terkait
materi Flora dan pauna di negara-negara ASEAN. (Literasi) · Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang
belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Flora dan pauna di negara-negara ASEAN.
(HOTS) · Peserta didik diberi
kesempatan untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan
ulang, dan saling bertukar informasi mengenai
Flora dan pauna di negara-negara ASEAN.(Collecting
information and Problem solving) · Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) · Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Flora dan pauna di negara-negara ASEAN, Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C,
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,........................................................................................................................ 2021
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran
Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP N 1 Bojong Mata Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII /
1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 5 |
||
Materi |
: |
Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia &
negara-negara ASEAN |
||
A,
TUJUAN PEMBELAJARAN
B,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
MEDIA |
·
Whattsapp, Google
classroom, Telegram, Blogger, zoom, google form dll ·
Slide presentasi (ppt) |
ALAT |
·
Laptop, Handphone, tablet dan lain lain |
SUMBER |
· Buku guru dan siswa ·
Modul, bahan ajar, internet, dan sumber lain yang relevan |
PENDAHULUAN |
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama (Religious) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik (melalui
Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Blogger, Telegram
atau media daring lainnya) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
KEGIATAN INTI |
· Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat,
mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan
bahan bacaan (melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau
media daring lainnya) terkait materi Potensi
Sumber Daya Alam (jenis sumber
daya, penyebaran di darat dan laut). (Literasi) · Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
hal yang belum dipahami, dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi
Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber
daya, penyebaran di darat
dan laut). (HOTS) ·
Peserta didik diberi kesempatan untuk mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai Potensi Sumber Daya
Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut).(Collecting information and Problem solving) · Melalui Whattsapp group, Zoom, Google Classroom, Telegram atau media
daring lainnya, Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya kemudian ditanggapi peserta didik yang lainnya (Communication) · Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut), Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami (Creativity) |
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C,
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan (berupa tes tulis) dan presentasi unjuk kerja/hasil
karya atau projek dengan rubrik penilain sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui,........................................................................................................................ 2021
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
(Sesuai Edaran
Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Mata Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII /
1 Alokasi Waktu :
2 x 40 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 6 |
||
Materi |
: |
Perubahan keruangan & interaksi antarruang di Indonesia &
negara-negara ASEAN |
||
A,
TUJUAN PEMBELAJARAN
Comments
Post a Comment