Materi Pertemuan ke 5 Mapel IPS Kelas 7/2 Lanjutan Bab 3 : Permintaan, Penawaran, Pasar, & Harga

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat pagi anak2ku yang cantik & ganteng sehat semua ...aamiin . Kondisi masih pandemi yang sampai kapan kita belum tahu, semoga cepat berlalu & kita bisa belajar secara tatap muka, karena PJJ sangat sulit untuk mencerna isi materi tersebut, bagaimanapun kita masih tetap harus belajar supaya tidak ketinggalan informasi. 

Walaupun sangat membosankan, menjenuhkan dan menjemukan tapi anak-anak harus tetap semangat belajar untuk meraih apa yang kamu cita-citakan.

Jangan lupa selalu Cuci Tangan, Memakai Masker, & Jaga Jarak demi keselamatan kesehatan diri sendiri & juga keluarga.

Anak-anak untuk pertemuan ke 5 ini kita masih melanjutkan materi kegiatan ekonomi dengan :

Sub Tema "PERMINTAAN, PENAWARAN , PASAR, DAN HARGA" 

Kompetensi Dasar :

4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran ) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, & budaya Indonesia.

Ringkasan Materi 

1. Permintaan dilakukan oleh konsumen / pembeli, sedangkan Penawaran dilakukan oleh produsen / penjual. Dalam hal ini konsumen akan senang dengan harga barang yang rendah, sedangkan produsen akan lebih senang dengan harga yang tinggi. Kondisi yang berlawanan antara konsumen & produsen ini akan bertemu dalam suatu titik yang disebut Harga Pasar.

> Permintaan (demand) adalah jumlah barang / jasa yang rela & mampu dibeli oleh konsumen /pelanggan pada berbagai kemungkinan harga selama periode tertentu dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap (cateris paribus).

> Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan :

   a. Harga Barang Sendiri.

   b. Harga Barang Pengganti (Substitusi).

   c. Harga Barang Pelengkap (Komplementer).

   d. Penghasilan Konsumen. 

   e. Intensitas Kebutuhan.

   f. Selera Konsumen. 

   g. Perkiraan Harga Dimasa yang akan datang (Ekspektasi)`.

   h. Jumlah Penduduk.

> Kurva Permintaan adalah kurva yang menggambarkan tentang hubungan antara jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga tertentu.

Garis Kurva Permintaan disimbolkan dengan D (Demand). Pada kurve permintaan digambarkan sebagai sebuah garis miring dari kiri atas ke arah kanan bawah yang disebut garis miring negatif (negative slope). 

Kurva permintaan membentuk garis miring karena beberapa hal berikut :

 a. Pada harga yang tinggi, banyak orang yang tidak mampu membeli/mungkin mencari barang substitusi yang harganya terjangkau, begitu pula sebaliknya. 

 b. Pada keadaan penghasilan tetap, setiap kenaikan harga akan memperkecil daya beli seseorang.

 c. Bila di pasar terdapat barang substitusi yang harganya jauh lebih murah, sedangkan barang utama harganya naik, kemungkinan besar orang-orang akan beralih ke barang substitusi.

contoh gambar tabel & kurve permintaan.




> Pergeseran Kurva Permintaan 

   Jika faktor harga yang mempengaruhi permintaan berubah, akan menyebabkan kurva permintaan bergerak di sepanjang garis permintaan terebut. Namun, jika faktor selai harga yang mempengaruhi permintaan berubah, akan menyebabkan garis kurva bergeser. Apabila permintaan bertambah, garis kurva permintaan akan bergeser ke kanan. Sedangkan, apabila permintaan berkurang, garis kurva permintaan akan bergeser ke kiri.


> Hukum Permintaan berbunyi "Jika harga suatu barang / jasa naik, jumlah barang / jasa yang di minta turun, sebaliknya, jika harga suatu  barang / jasa turun, jumlah barang/jasa yang di minta akan naik".

> Jenis-Jenis Permintaan antara lain :

  a. Jenis Permintaan berdasarkan daya beli konsumen melipiti :

     - Permintaan absolut (absolut demand), merupakan permintaan terhadap barang & jasa yang tidak disertai daya beli. 

     - Permintaan efektif (effective demand), merupakan permintaan terhadap barang & jasa yang disertai kemampuan membeli. 

     - Permintaan potensial (potential demand), merupakan permintaan yang disertai kemampuan membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian.

  b. Permintaan dilihat dari jumlah permintaan meliputi :

      - Permintaan perorangan / individu, yaitu permintaan yang berasal dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

      - Permintaan kolektif, yaitu kumpulan permintaan perorangan / permintaan secara keseluruhan konsumen di pasar.


2. Penawaran biasanya dilakukan oleh pedagang / produsen / penjual sebagai penghasil barang.

> Penawaran (supply) adalah sejumlah barang/jasa yang ditawarkan atau ingin dijual oleh penjual pada tingkat harga, tempat, dan waktu tertentu.

> Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran sebagai berikut :

   a. Harga Barang itu Sendiri.

   b. Biaya Produksi.

  c. Teknologi yang Digunakan.

  d. Perubahan Harga Barang Substitusi & Komplementer. 

  e. Perkiraan Harga Masa Depan ( Ekspektasi ).

> Kurve Penawaran adalah kurva yang menggambarkan tentang hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu.

























> Hukum Penawaran adalah "Jika harga suatu barang / jasa naik, jumlah barang/jasa yang ditawarkan akan ikut naik. Sebaliknya, jika harga suatu barang/jasa turun, jumlah barang/jasa yang ditawarkan akan ikut turun". Dalam hukum penawaran, jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga barang (mempunyai hubungan positif).

> Jenis-Jenis Penawaran antara lain :


   a. Penawaran perorangan (individu) adalah penawaran barang/jasa yang akan dijual oleh seorang produsen. 
   b. Penawaran pasar (kolektif) ialah penawaran barang/jasa yang akan dijual oleh produsen di pasar.

3. Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual & pembeli untuk melakukan transaksi jual beli ( adanya interaksi antara penjual & pembeli untuk dapat membentuk kesepakatan harga) dan ada barang yang akan diperjual belikan..

  > Peran Pasar dalam Perekonomian sebagai berikut :
    a. Peranan Pasar Bagi Konsumen yaitu mempermudah dalam mendapatkan barang/jasa yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan.
    b. Peranan Pasar Bagi Produsen adalah sebagai tempat untuk menjual barang & jasa hasil produksi, tempat memperkenalkan barang & jasa hasil produksi, tempat untuk mendapatkan barang & jasa yang
 dibutuhkan untuk proses produksi, tempat untuk memotivasi peningkatan usaha produksi.
    c. Peranan Pasar bagi Sumber Daya Manusia antara lain mengurangi pengangguran, memanfaatkan SDM, serta membuka lapangan kerja.
    d. Peranan Pasar bagi Pembangunan adalah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung, seperti tersedianya bibit unggul & pupuk untuk masyarakat pertanian di pedesaan. 

> Fungsi Pasar  antara lain :
   a. Pasar sebagai Sarana Distribusi berfungsi memperlancar proses penyaluran barang/jasa dari produsen ke konsumen.
   b. Pasar sebagai Pembentuk Harga berfungsi sebagai pembentuk harga yang telah menjadi kesepakatan sebelumnya dan sudah diperhitungkan oleh penjual & pembeli.
   c. Pasar sebagai Sarana Promosi artinya pasar menjadi tempat memperkenalkan & mempromosikan suatu barang/jasa tentang manfaat, keunggulan, pada konsumen.

> Macam-Macam Pasar dibedakan :
     1). Berdasarkan Wujudnya antara lain :
         - Pasar Konkret ( pasar nyata ) adalah pasar yang pembeli, penjual, & barang yang perjualbelikan ada disitu. Contoh : pasar harian, swalayan, dll.
         - Pasar Abstrak ( pasar tidak nyata ) adalah pasar yang kegiatan jual beli barang/jasa yang diperdagangkan dilakukan berdasarkan contoh-contoh / gambar yang kualitasnya sudah ditentukan, barang/jasa tidak tersedia ditempat. Contoh : pasar on line, pasar tenaga kerja, & pasar valuta asing.

    2). Berdasarkan Jenis Barang yang Diperdagangkan dibedakan :
        - Pasar barang konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh ; pasar beras, pasar tekstil, pasar sayur-mayur, pasar buah-buahan, supermarket/mal.
       - Pasar faktor produksi adalah pasar yang memperjualbelikan beberapa faktor produksi yang berguna bagi kelancaran proses produksi. Contoh : pasar faktor produksi alam ( pasar tembakau di Bremen / Jerman, pasar kopi di Sao Paulo/Brasil, pasar karet di New York / Amerika Serikat ), pasar faktor produksi tenaga kerja ( bursa tenaga kerja ), pasar faktor produksi modal ( surat berharga/saham/obligasi, Bursa Efek Indonesia ).

    3). Berdasarkan Luas Jaringan Distribusi dibedakan :
        - Pasar setempat ( pasar lokal/tradisional ).
        - Pasar Daerah ( pasar johar / Semarang, pasar kliwon / Kudus, pasar baru / Jakarta, pasar klewer/Solo ) .
        - Pasar Nasional / masyarakat seluruh negara ( pasar modal, pasar valas, & pasar bahan mentah ). 
        - Pasar Internasional / Negara di seluruh dunia ( pasar minyak bumi di Uni Emirat Arab).

    4). Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan dibedakan : 
        - Pasar harian ( pasar tradisional, supermarket, toserba ).
        - Pasar pasaran / lima hari ( pasar pon, pasar pahing, pasar kliwon, pasar wage, pasar legi ).
        - Pasar mingguan ( pasar senin, pasar minggu, pasar rebo ).
        - Pasar bulanan ( pasar sebulan sekali didaerah perkebunan kelapa sawit Sumatra Utara ).
        - Pasar tahunan (pasar setahun sekali seperti sekaten di Yogyakarta & Surakarta, Pekan Raya Jakarta).

     5). Berdasarkan Organisasi / Strukturnya dibedakan menjadi : 
         a. Pasar Persaingan Sempurna yaitu, pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual/pembeli, barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen). Contoh : pasar beras, buah-buahan, & sayur-sayuran.
         b. Pasar Persaingan Tidak Sempurna yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual & banyak pembeli. Contoh : 
               - Pasar monopoli adalah pasar yang didalamnya terdapat satu penjual (tunggal) & banyak pembeli   ( PT PLN, PT KAI, & PT Pertamina ).
               - Pasar Monopsoni adalah pasar yang didalamnya terdapat satu pembeli & banyak penjual ( perusahaan rokok membeli daun tembakau yang berkualitas pada para petani langsung ).
               - Pasar Oligopoli adalah pasar yang hanya terdapat beberapa penjual untuk satu barang tertentu ( perusahaan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, perusahaan semen )
               - Pasar persaingan monopolistis adalah pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual barang tertentu ( produk sabun mandi, pasta gigi, kosmetik ).


4. Harga adalah sejumlah uang yang harus diberikan oleh seseorang untuk memperoleh barang & jasa. Terbentuknya harga karena bertemunya permintaan & penawaran di pasar.
  > Harga Pasar adalah harga yang di sepakati antara penjual & pembeli disebut harga keseimbangan     ( equilibrium price ) .
Contoh Tabel Kurva Permintaan & Kurva Penawaran 


> Peranan Harga Pasar dalam Perekonomian :
   - Menunjukkan perubahan kebutuhan di masyarakat.
   - Menggerakkan pengusaha untuk bereaksi terhadap perubahan permintaan.
   - Mempengaruhi jenis & jumlah faktor produksi yang harus disediakan.
   - Membantu menentukan penawaran.

Demikian materi yang dapat saya sampaikan silahkan disalin dibuku tulismu kemudian kerjakan tugas mandiri 3 dibawah ini. Wassalamu'alaikum wr.wb

Tugas Mandiri 3 
Buatlah kliping tentang macam-macam pasar , sebagai bahan pembuatan kliping dapat menggunakan majalah, koran, tabloid, atau lainnya. Jangan lupa tulis sumber pembuatan kliping. Setelah jadi dijilid yang rapi cover depan di beri nama, kelas, sekolah,tugas Mapel IPS dan dikumpulkan 2 minggu yang akan datang           ( Sabtu, 27 Februari 2021). Sekalian tugas mandiri 1 & 2.

                                   Bojong,     Februari 2021

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bojong      Guru Mapel IPS


Ipung Sunaryo,S.Pd.,M.Si     Endang Lestari,S.Pd

 



Comments

Popular posts from this blog

Media pembuatan peta timbul

Materi Perkenalan/Pemula Pramuka Penggalang Tingkat SMP

Materi IPS Manusia dan Kebutuhannya dalam Kegiatan Ekonomi