Model~model Pembelajaran Inovatif




Pengertian Model Pembelajaran
Model diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan.
Model diartikan sebagai barang atau benda tiruan Dari benda yang sesungguhnya, seperti globe adalah Model Dari bumi tempat kita berpijak/hidup.
Model Pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu.
Model Pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas Pembelajaran (Udin: 2001).
Menurut Joyce dan Weil (1986) bahwa hakikat mengajar atau teaching adalah membantu siswa memperoleh ide, ketrampilan, nilai, cara berpikir, sarana untuk mengekspresikan dirinya, dan cara~cara belajar bagaimana belajar. Dalam kenyataannya, Hasil akhir atau Hasil jangka panjang Dari proses Pembelajaran adalah "the student's increased capabilities to learn more easly and effectively in the future, yaitu siswa meningkatkan kemampuannya untuk dapat belajar lebih mudah dan lebih efektif dimasa yang akan datang (Joyce dan Weil, 1986: 1).
Menurut Joyce dan Weil (1986) Model~Model Pembelajaran dibagj empat kategori, diantaranya :
1. Kelompok Model Pengolahan Informasi (The Information Processing Model).
menitikberatkan pada cara~cara memperkuat dorongan~dorongan internal/datang Dari dalam diri, untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengkoordinasikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan pemecahannya.
Beberapa Model yang termasuk kelompok ini adalah : pencapaian konsep; berpikir induktif; latihan penelitian; pemandu awal; memorisasi; pengembangan intelek; dan penelitian ilmiah.

2. Kelompok Model Personal (Personal Models).
Proses pendidikan ditujukan untuk memahami diri sendiri dengan baik, memikul tanggungjawab untuk pendidikan, dan lebih kreatif untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik.
Model~Model Pembelajaran dalam Kelompok ini, antara lain : pengajaran tanpa arahan; sinektiks; latihan kesadaran; dan pertemuan kelas.

3. Kelompok Model Sosial (Social Models)
Sinergi (Joyce dan Weil: 1986) adalahdengan kerjasama, manusia dapat membangkitkan dan menghimpun tenaga/energi secara bersama.
Kelompok model sosial ini antara lain : investigasi kelompok; bermain peran; penelitian jurisprudensial; latihan laboratoris; dan penelitian ilmu sosial.

4. Kelompok Model Sistem Perilaku (Behavioral System Models).
Kelompok ini adalah teori belajar Sosial atau social learning theories. Model ini dikenal sebagai Model modifikasi perilaku

Comments

Popular posts from this blog

Media pembuatan peta timbul

Materi Perkenalan/Pemula Pramuka Penggalang Tingkat SMP

Materi IPS Manusia dan Kebutuhannya dalam Kegiatan Ekonomi