RPP IPS KUR 13 KELAS 7

RPP IPS Kurikulum 2013 Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            Satuan Pendidikan : SMP Negeri 1 Bojong
Kelas/Semester        : VII/1
            Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
            Tema                          : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
            Pertemuan Ke          : 1 dan 2
            Alokasi waktu           : 4 x 40 Menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   KOMPETENSI DASAR
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1   Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan percaya diri
sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik)
4.3  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

C.   INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Menjelaskan pengertian konektivitas antar-ruang dan waktu
2.   Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3.   Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
4.   Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam.

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
            Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat :
1.   Menjelaskan pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
2.   Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
3.   Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (Masa lampau dan masa kini).
4.   Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam .

E.    MATERI POKOK
a.   Konektivitas antar ruang dan waktu
b.   Keadaan alam Indonesia dari aspek keruangan
c.   Pengaruh Keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini)
d.   Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia



F.    METODE PEMBELAJARAN        
1.   Pendekatan            : Scientific
2.   Metode                     : Diskusi kelompok dan tanya jawab dengan teknik STAD

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pertemuan ke 1
Pendahuluan
1.    Persiapan Kelas membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.    Memotivasi siswa dengan bertanya tentang keadaan alam sekitar tempat tinggal siswa.
3.    Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai 
4.    Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari
5.    Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu rayuan pulau kelapa
10 menit

Inti
1.  Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.  Guru menyajikan pelajaran
3.  Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok Tentang :
Ø  Koknektivitas antar ruang dan waktu
Ø  Keadaan alam dari aspek keruangan
 Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.  Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5.  Memberi evaluasi
6.  Kesimpulan
60 menit
Penutup
1.   Melaksanakan test secara lisan
2.   Menugaskan peserta didik melakukan pengamatan dan menyusun laporan pengamatan tentang keadaan alam di lingkungan sekitar.
3.   Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
10 menit
Pertemuan ke 2
Pendahuluan
1.   Persiapan psikis dn fisik  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.   Tanya jawab tentang keadaan alam Indonesia
3.   Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai 
4.   Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari.
5.   Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu padamu negeri
10 menit

Inti
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran

3. Guru memberi tugas diskusi dengan permasalahan:
Ø  pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).
Ø  Pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan
60 menit














Penutup
1.   Siswa terpilih membuat kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan
2.   Melaksanakan test secara lisan
3.   Menugaskan peserta didik menyusun kliping tentang keadaan alam Indonesia 
4.   Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
10 menit

H.   SUMBER BELAJAR
1.    Buku                           : IPS Pegangan siswa Kelas VII, Buku IPS Pegangan Guru
2.    Alat Peraga                : Peta, Atlas, Gambar

 I.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Tes tertulis
2.   Unjuk kerja
3.   Proyek
4.   Portofolio



            Mengetahui,                                                             Bojong,       Juli 2014
Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran IPS



            Usman Safrudin, S.Pd                                          Endang Lestari, S.Pd.
            NIP. 195509291987031004                                   NIP.197101262006042011




Comments

Popular posts from this blog

Media pembuatan peta timbul

Materi Perkenalan/Pemula Pramuka Penggalang Tingkat SMP

Materi IPS Manusia dan Kebutuhannya dalam Kegiatan Ekonomi